Home » » Pandawa Lima (1983)

Pandawa Lima (1983)

Sinopsis Film : Pandawa Lima
Pandu Dewanata kembali ke negeri Astina dengan memboyong tiga putri yang dimenangkannya dalam sayembara, yaitu Dewi Kunti, Dewi Madrin, dan Dewi Gandari. Tetapi Pandu tidak begitu tamak mengawini ketiga putri itu. Ia menawarkan di antara mereka untuk dijodohkan kepada abangnya, Destarata dan adiknya, Abiyasa.

Abiyasa menolak tawaran itu, sedang Destarata menerimanya setelah dibujuk. Tak satupun dari ketiga putri itu ingin dikawini Destarata yang buta. Masing-masing mencari akal untuk tidak terpilih. Karena ulahnya yang keliru, justru Dewi Gandari yang terpilih. Hal itu membuat dendamnya kepada Dewi Kunti dan Dewi Madrin.

Masa terus berlalu, Dewi Gandari mempunyai 99 putra dan seorang putri, yang kesemuanya mempunyai tabiat jahat. Mereka itu disebut sebagai Kurawa. Sedang Dewi Kunti melahirkan tiga putra yaitu, Yudistira, Bima, dan Arjuna. Dewi Madrin melahirkan putra kembar, Nakula dan Sadewa. Mereka berlima dijuluki Pendawa Lima. Dengan hasutan Pandita Durna, Dewi Gandari dan Arya Sangkuni yang haus kekuasaan bersama Kurawa, berniat melenyapkan.

Produser : Yudha Suyoso, Haryadi Siswanto
Sutradara : Lukman Hakim Nain
Penulis : Ganes TH, Gagarmayang
Pemeran : Gerard Rawung, Anna Tairas, Dewi Puspa, Leily Sagita, Nena Rosier
Produksi : PT Insantra Film - PT Nugraha Mas Film (1983)

sumber : filmindonesia.or.id

loading...
Komentar Pemirsa